Friday, July 1, 2016

Ngegembel di Jepang: TOKYO DAY 2 - Edo-Tokyo Museum, Akihabara, Ginza

Hello~ Kali ini postnya ga bakal panjang-panjang karena saya males (lol)

Itinerary saya buat hari kedua:
1. Kameido Shrine
2. Edo-Tokyo Museum
3. Ryogoku Kokugikan
4. Akihabara
5. Tokyo Station
6. Yurakucho
7. Ginza

Karena itinerary ini bener-bener padet, terus saya jalannya kesiangan, jadi ada beberapa tempat yang saya ga jadi pergi. Saya cuma ke Edo-Tokyo Museum, Akihabara sama Ginza.

Dari pertengahan bulan April sampai awal Mei, di Kameido Shrine ada wisteria festival. Wisteria itu bunga berwarna ungu yang ngegantung gitu. Saya ga bisa jelasinnya, liat aja fotonya di google ya haha. Saya pikir karena besok-besok saya bakal ngeliat bunga di tempat lain, akhirnya saya skip tempat ini (dan saya menyesal~). 

Begitu keluar apartemen, saya jalan dulu ke Lawson buat beli tiket museum Fujiko F Fujio. Belinya itu di mesin yang namanya Loppi. Mesin ini pake bahasa Jepang, jadi perhatikanlah tutorial ini baik-baik~ http://l-tike.com/fujiko-m/english/ Ntar bakal keluar kupon dari mesin itu, terus kita bawa kupon itu ke kasir buat bayar. 700 yen buat anak sekolahan, 1000 yen buat dewasa. Kasir di Lawson ini lucu karena dia ngomong bahasa tubuh begitu tau saya orang luar haha.

Dari Lawson, saya jalan ke Ohanajaya Station. Pas di jalan ketemu sama anjing poodle super unyu ini >< Di Tokyo banyak banyak banyak banget orang yang punya anjing. Anjingnya lucu-lucu dan terawat semua, dan ga jarang anjing yang kecil-kecil dibawa dalam keranjang bayi. Pemilik poodle ini bapak-bapak business man yang bisa bahasa Inggris. Dia cerita kalau dia pernah ke Jakarta buat business trip dan tiba-tiba ngomong "Terima kasih" pake bahasa Indonesia haha.


Dari Ohanajaya, saya langsung pergi ke Ryogoku Station dan jalan ke Edo-Tokyo Museum. Biaya masuknya 300 yen buat anak sekolahan, 600 yen buat dewasa. Tadinya saya pikir museum bakal ngebosenin, tapi ternyata perkiraan saya salah. Museum ini KEREN banget. Pokoknya must-visit deh kalo ke Tokyo. Isinya kurang lebih tentang Tokyo pas dulu masih bernama Edo, banyak miniatur bangunan dan replika alat-alat yang dipakai di zaman Edo. 



Fotonya ga terlalu bagus karena pake action cam

Pas agak siang, di panggung itu ada show. Shownya adalah menggunting kertas HVS menjadi suatu bentuk. Kertasnya itu putih polos, tanpa pola/garis apapun. Jadi, si penggunting kertas ini tanya ke penonton tentang bentuk apa yang mau dibuat, terus dalam kira-kira 1 menit, dia bakal gunting kertas sesuai bentuk yang penonton minta, misalnya bentuk kelinci, koinobori, atau bahkan omikoshi. Tangannya udah pro banget pokoknya haha.

Abis dari museum, saya menskip Ryogoku Kokugikan (karena males jalannya dan ga terlalu tertarik dengan sumo), terus langsung pergi ke Akihabara.

 

Seperti yang orang-orang udah tau, Akihabara (atau Akiba) ini adalah pusat elektronik sekaligus surga bagi para wibu penggemar anime, manga, dan game. Karena lapar dan masih penasaran sama Denny's, akhirnya hal yang pertama saya lakukan adalah cari Denny's dan untungnya ketemu, ga nyasar-nyasar kaya kemarin. Letaknya agak pojokan dan kayanya ga ada turis yang dateng ke daerah sini. Karena jam makan siang, mau makan pun waiting list. Entah kenapa manager di sini ramah ke orang Jepang tapi ga begitu ramah pas ngelayanin saya T_T Saya pesen demitama hamburg yang isinya hamburg, telur setengah mateng, kentang, sayur, dan cream soup. Harganya 800 yen. Ternyata rasanya......biasa aja, di bawah ekspektasi saya. Tapi porsinya sangat besar dan bikin saya kenyang banget.


Selesai makan, saya masuk ke toko-toko anime yang kebanyakan jual figure-figure mahal. Saya juga masuk ke game station. Di Akiba ini, Sega ada di mana-mana. Saya masuk ke Sega yang ada di deket stasiun Akiba. Di dalamnya cuma ada mesin UFO Catcher yang isinya anime goods dan bahkan figure. Di sini Love Live dan Osomatsu sangat menjamur. Saya juga coba masuk ke Club Sega yang ada di deket Matsumoto Kiyoshi Akiba. Club Sega ini terdiri dari beberapa lantai. Ada lantai khusus UFO Catcher, ada yang khusus video game, ada yang khusus arcade game, dll. Di lantai arcade game, ada mesin Project Diva sama maimai. Mesin maimai di sini adalah maimai pink, beda dengan mesin yang ada di Indonesia. Mainnya juga agak mahal (100 yen), di Jakarta aja cuma 6000 -_-.    

Oh ya, di deket stasiun Akiba ada toko kue namanya Pablo. Pablo ini ngejual rare cheese tart yang ENAK banget. Ini cheesecake terenak yang pernah saya makan seumur hidup saya. Ada 3 rasa: original, coklat, green tea. Harga satunya adalah 230 yen. Pokoknya MUST TRY!


Next, saya ke Kanda Myojin Shrine. Saya kira kuil ini ada di Akiba, ternyata jalannya agak jauh dari Akiba, sekitar 15-20 menit. Kanda Myojin Shrine biasa disebut sebagai kuilnya para otaku. Di anime Love Live, si Nozomi ceritanya kerja di kuil ini. Yang bikin saya kaget adalah kuil ini sangat bernuansa Love Live udah kaya tempat ngewibu aja. Ema (papan kayu buat tulis doa/keinginan) di sini hampir semuanya bergambar karakter Love Live. Bahkan di dalem kuil ini ada yang jual barang-barang Love Live. Ada juga mesin gacha yang salah satu hadiahnya adalah miniatur ema bergambar Nozomi.  


Dari Kanda Shrine, saya jalan balik lagi ke Akiba, sambil mampir dulu di Akihabara Gachapon Kaikan. Toko ini isinya mesin gacha semua, mulai dari gacha-gacha anime, sampai gacha-gacha yang ga normal pun ada. Yang saya inget di sini adalah ada gacha yang isinya celana dalem untuk botol minum. 

Tempat berikutnya adalah Don Quijote (atau Donki). Donki ini udah terkenal sebagai tempat belanja murah dan cabangnya ada di mana-mana. Barang-barang dan snack aneh juga banyak di sini. Khusus di Donki cabang Akiba, ada lantai yang isinya barang-barang cosplay semua. Belanja di Donki juga tax free kalau udah mencapai pembelian minimal 5000 yen. Selain tempat belanja, di dalem gedung Donki juga ada maid cafe yang namanya @home maid cafe. Maidnya cute-cute, masuknya ga terlalu mahal (anak sekolahan 400 yen, dewasa 600 yen), dan mereka welcome sama foreigner http://www.cafe-athome.com/en/
Tapi sayangnya saya ga masuk ke dalem karena yang lain ga ada yang mau (T_T)
Lantai 8 Donki Akiba, tak lain tak bukan adalah teater AKB48~ Makanya pas naik eskalator di Donki, pinggirannya semua adalah foto-foto AKB48 haha

Setelah puas belanja, saya jalan ke stasiun. Tadinya saya mau ke Tokyo Station buat belanja snack, tapi ga jadi karena udah kesorean dan kemarin udah belanja snack di Ameyoko. Saya juga ga jadi pergi ke Yurakucho. Yurakucho ini daerah yang terkenal buat makan yakitori, letaknya deket Ginza.

Akhirnya saya langsung pergi ke Ginza. UNIQLO terbesar ada di Ginza. Saya kira barang-barang di UNIQLO sini bakal murah, ternyata ga murah-murah amat. Kalo di UNIQLO Jakarta kan biasanya setiap pegawai UNIQLO yang kita temuin bakal selalu nyapa "Selamat datang di UNIQLO" atau "Welcome to UNIQLO", kalo di sini jarang ada pegawai yang muter-muter. UNIQLO ini ada 12 lantai dan di tiap lantai UNIQLO ada meja kasir....kira-kira 5 kasir tiap lantai.

Setelah dari UNIQLO, saya ke GU. GU ini kaya sister companynya UNIQLO, tapi barang-barangnya lebih murah, apalagi saya datengnya pas lagi golden week sale. Untuk baju, harganya sekitar 500-1000 yen-an dan sepatu 2000 yen-an. Seperti toko-toko lain, di sini juga tax free. Kalo mau borong baju murah dan bagus, wajib dateng ke GU!

Abis dari GU saya langsung balik ke Ohanajaya, terus beli inari sushi deket stasiun. Karena udah lewat jam 8, harganya jadi diskon 50%. Kalo ga salah saya bayar 140 yen buat 5 potong inari sushi.


Pengeluaran hari kedua (ga termasuk jajan dan belanja)

Tiket Fujiko F Fujio Museum -> JPY700
Tiket Edo-Tokyo Museum -> JPY300
Makan di Denny's -> JPY800
Makan sushi -> JPY140

TOTAL -> JPY1,940

Sekian post saya kali ini, maaf kalo bahasanya berantakan, see you next post~

Previous post:
-Preparation to Japan http://meidianabcde.blogspot.co.id/2016/05/preparation-to-japannn.html
-Tokyo D-1 & DAY 1 (part 1) http://meidianabcde.blogspot.co.id/2016/05/japan-d-1-day-1-part-1-ngegembel-di.html

No comments:

Post a Comment